Guru Sekolah Dasar Kini Semakin Diminati

KANALSATU.com - Dulu profesi guru dipandang sebelah mata, namun, sejak meningkatnya kesejahteraan guru dengan adanya sejumlah tunjangan, masyarakat, baik yang ada di kota besar maupun di pelosok kini mulai melirik Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Hal yang kontras sangat terlihat dimana jumlah peminat untuk masuk jurusan PGSD di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta sangat tinggi. Pendaftar PGSD mengalahkan pendaftar dari jurusan favorit lain

Ketua STKIP Bina Insan Mandiri (BIM), Prof  Dr Muhari mengatakan, sejak kesejahteraan guru mulai meningkat dengan adanya beberapa tunjungan, masyarakat mulai melirik profesi ini dengan menempuh PGSD di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Menurutnya, dari pengamatan beberapa rekan di UNESA (Universitas Negeri Surabaya), peserta PGSD cukup antusias. “Persaingannyapun cukup besar. Dari sekian ribu peserta, hanya sepuluh persen yang tersaring. Indikasi ini menujukkan semakin antusiasnya masyarakat menempuh PGSD,” kata Muhari, Selasa (21/4/15).

Sementara itu, semakin tingginya minat masyarakat  menjadi tenaga pendidik, sejumlah lembaga-lembaga pendidikan swasta pun bermunculan. Di STKIP BIM sendiri, setidaknya ada lima program studi (prodi) S1.

Kelima prodi itu di antaranya Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Bahasa Inggris. “Dari kelima prodi,  Pendidikan Guru PAUD paling diminati,” ucapnya.
 
Prof.  Muhari menyatakan tahun depan pihaknya akan menarget sampai dengan 1000 mahasiwa. “Saat ini terdata lebih kerang 600 mahasiswa, tahun depan kita target dapat menjaring sekitar seribu mahasiswa,” pungkasnya.

0 Komentar