Pengurus HIMA Rekatkan Hubungan Lewat SUPERHIMA



Yogyakarta – Pengurus HIMA PGSD Kampus II FIP UNY gunakan waktu luang untuk refreshing sekaligus menambah keakraban melalui kegiatan SUPERHIMA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (23/5) dan hari Minggu (24/5) di salah satu pantai selatan Gunung Kidul, Pantai Watulawang. Sejumlah Pengurus HIMA yang hadir nampak berantusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat dari raut muka mereka yang selalu nampak ceria.

Kegiatan dimulai pada pukul 14.15 WIB di Kampus II FIP UNY. Sejumlah peserta dibentuk menjadi 4 kelompok dan diajak melakukan permainan yang mana semua anggota kelompok harus ditutup matanya kecuali ketua kelompok dan harus membimbing anggotanya untuk berjalan menuju tempat tujuan.

Setelah melakukan permainan pemanasan, seluruh peserta berkemas untuk melanjutkan perjalanan dan berangkat beriringan meninggalkan kampus pada pukul 15.30 WIB. Dari sinilah cerita-cerita yang tak akan terlupakan mulai terbentuk.

Para peserta tiba pada kota Wonosari pada pukul 16.15 WIB dan memutuskan untuk beristirahat pada salah satu minimarket untuk menunggu teman-teman yang tertinggal di belakang. Setelah dirasa cukup dan semua peserta sudah lengkap, mereka melanjutkan perjalanan melewati jalan khas Gunung Kidul.

Banyak cerita yang tak terlupakan pada jalan pedesaan di Gunung Kidul ini, semakin dekat ke tempat tujuan semakin seru perjalanan mereka. Ada yang tertinggal jauh di belakang karena belum terlalu pengalaman dengan jalan berbatu, ada missed-komunikasi antara peserta satu dengan yang lain yang mengharuskan salah satu peserta ganti tumpangan, ada yang tidak tahu lokasi sehingga harus tanya ke warga, dan masih banyak lagi cerita yang tidak bisa ditulis disini.

Seluruh peserta akhirnya sampai pada lokasi pada pukul 18.35 WIB dan beristirahat sejenak pada salah satu warung sambil menceritakan pengalaman seru selama diperjalanan. Setelah itu peserta mengambil shalat isya’ dan makan malam di warung tersebut dengan bekal yang mereka bawa dari Jogja.

Setelah puas bercanda ria, kemudian panitia mengarahkan peserta untuk menuju pantai dan mendirikan tenda serta membuat api unggun. Setelah semua tenda sudah berdiri, semua peserta diajak untuk mengitari api unggun yang telah menyala dan melanjutkan bercanda mereka.

“Senang rasaya bisa ngumpul bareng dan bercanda seperti ini” ujar Alan selaku ketua HIMA PGSD Kampus II FIP UNY

Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa permainan dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat, dan merangkai kalimat menjadi sebuah puisi yang apik.
“Satu kata tidak akan bermakna, namun beberapa kata akan menjadi bermakna bila bersatu. Seperti halnya dengan kita, tidak akan berarti bila kita tidak bersatu”

Setelah puas bersenda-gurau sepanjang malam, seluruh peserta akhirnya masuk ke dalam tenda masing-masing dan mulai istirahat untuk melakukan kegiatan esok hari.

------

Keesokan harinya, seluruh peserta terbangun pada pukul 04.40 WIB langsung meninggalkan pantai untuk mengambil shalat shubuh.

Pada pukul 06.00 WIB seluruh peserta kembali ke pantai dan mulai membuat sarapan, berbekal seadanya mereka mulai mengeluarkan bahan makanan mereka dan mulai mengolahnya.

Setelah sarapan, panitia langsung mengajak peserta untuk bergabung sesuai kelompok yang dibentuk pada awal kegiatan kemarin, dan mulai melakukan permainan sepanjang pagi. Seluruh canda tawa dilepaskan disini, semua peserta sangat antusias dan senang bisa berkumpul dan bermain bersama dengan ditemani irama ombak yang tenang.

Satu persatu permainan telah usai, panitia mengajak peserta untuk mengambil moral-value yang terdapat dalam setiap permainan, terutama adalah gaya kepemimpinan yang berbeda akan menentukan kesuksesan sebuah tim.

Setelah puas bermain, semua peserta bermain dengan pasir pantai, menikmati ombak pantai, mengabadikan momen dengan foto bersama dan masih banyak hal lain yang dilakukan para peserta untuk mengeratkan tali persaudaraan yang terjalin disini.

“Terima kasih pada kalian, yang telah meluangkan waktunya untuk berkumpul bersama kami disini, bersenda gurau bersama, dan maaf bila selama kegiatan ini kurang memberikan kesan pada kalian” ujar Ria, salah satu panitia SUPERHIMA

Kegiatan akhir pada hari ini ditutup dengan makan bersama di pinggir jalan Wonosari-Jogja, membuang lelah sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke kampus.

Kegiatan yang memberikan kenangan bagi kita, menghangatkan hubungan bagi kita. Terima kasih untuk kebersamaan kalian, jaga terus kekompakan kita. Jadilah karang yang terpaut satu sama lain dan selalu kuat menimpa desiran ombak yang kuat sekalipun.

0 Komentar