PGSD goes to School 2017 "Peduli dan Berbagi"

PGSD Goes to School 2017

    HIMA PGSD Kampus II FIP UNY kembali mengadakan acara tahunan yaitu PGSD goes to School atau yang sering di singkat PGTS. Tema yang di gunakan PGTS tahun ini adalah “PGSD peduli, PGSD berbagi”. Untuk tahun ini PGTS mengambil tempat di SD N Berbah 1.
         
    Acara di mulai pada hari Sabtu (1/4) yaitu PGSD Menyapa untuk mengawali serangkaian acara yang akan di adakan. Acara di buka di Aula SD N Berbah yang di ikuti oleh seluruh murid, guru, tamu undangan, relawan serta seluruh anggota HIMA PGSD Kampus II FIP UNY dengan pemukulan gong oleh Bapak Wakil Dekan 3. Kemudian acara di lanjutkan dengan lomba mewarnai yang di ikuti murid kelas 1 sampai kelas 3 dan penulisan surat kepada presiden Bapak Ir. Joko Widodo yang di ikuti oleh kelas 4 dan kelas 5. Kira-kira pukul 11.30 lomba mewarnai dan menulis surat kepada presiden selesai, acara PGSD Menyapa pada hari itu pun di tutup dengan minum susu bersama.
    Pada hari Jumat (7/4) serangkaian acara PGSD Goes to School di sambung kembali pada pukul 14.00 yaitu ekstrakulikuler yang di isi oleh relawan dari PGSD. Ekstrakulikuler yang di adakan adalah tari, gerak dan lagu, serta angklung. Ekstrakulikuler ini di adakan sekitar 4 minggu selama acara PGTS berjalan setiap hari jumat dan sabtu jam 14.00 WIB sampai jam 15.30 WIB.
     Acara lain yang masuk dalam rangkaian acara PGTS 2017 ini adalah lomba mengajar yang di ikuti oleh para relawan pada hari Sabtu (15/4). Relawan di bagi setiap kelompok 5 orang dan  mereka mengajar kelas 1 sampai kelas 5 menggunakan media yang sudah mereka buat. Di setiap kelas yang mereka ajar terdapat guru dari sekolah yang mendampingi, serta hasil mengajar yang di rekam di berikan kepada Dosen PGSD FIP UNY untuk di nilai dan pada hari puncak akan di ketahui kelompok mana yang menang.
   Setelah seluruh rangkaian acara di laksanakan, akhirnya masuk pada acara puncak yang jatuh pada hari Sabtu (22/4). Karena pada hari sebelumnya bertepatan dengan hari Kartini maka pada acara puncak ini sekaligus merayakan hari Kartini. Acara di mulai dengan upacara bendera bersama dengan seluruh siswa, guru, relawan, dan anggota HIMA PGSD KAMPUS II FIP UNY mengenakan pakaian adat. Setelah upacara selesai, acara di lanjutkan dengan foto session pentas seni dari murid kelas 1 sampai kelas 5 hasil dari ekstrakulikuler yang mereka ikuti. Untuk foto session ini urut maju lima-lima sesuai kelas kemudian di foto. Untuk pentas seni, urutan pertama dari kelas 4 kelompok 1 yaitu tari tradisional. Di selingi dengan kado silang, di lanjutkan penampilan kelas 2 yaitu gerak dan lagu. Lalu penampilan gerak dan lagu dari kelas 1, dilanjutkan penampilan angklung dari kelas 5 yang mengagetkan dan menarik perhatian penonton. Tidak sampai di situ, acara di lanjutkan dengan penampilan tari dari kelas 4 kelompok 2 mengambil tari modern. Dan yang terakhir penampilan gerak dan lagu dari kelas 3. Semua kelas pun sudah tampil dan menghibur, maka gantian kakak-kakak perempuan dari panitia PGTS yang menghibur adik adik SD N Berbah 1 dengan penampilan akustik mereka membawakan lagu anak-anak. Acara pun masuk ke bagian akhir yaitu pengumuman juara dan penutupan. Sebelum acara PGTS di tutup, dari pihak HIMA PGSD Kampus II FIP UNY memberikan kenang-kenangan kepada pihak SD N Berbah 1.

    Setelah cukup lama akhirnya acara PGSD Goes to School selesai, kerja keras panitia, relawan serta murid SD N Berbah 1 tentu saja tidak lah sia-sia. Banyak hal yang dapat dari ambil dari acara ini, sebagai contoh yaitu kebersamaan, kerja keras dan pantang menyerah. Semoga acara PGSD Goes to School 2017 ini dapat bermanfaat bagi orang banyak. (BS)

0 Komentar