PDM PLM 2017 “Membangung Pendidik Muda yang Aktif, Kritis, Inovatif”

  Yogyakarta – Hari Sabtu (23/9) hingga Minggu (24/9), PDM PLM adalah salah satu dari sekian kegiatan yang diselenggarakan di tingkat jurusan. PDM sendiri singkatan dari Pelatihan Dasar Mahasiswa dan PLM singkatan dari Pelatihan Leadership Mahasiswa. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan bagi mahasiswa sebagai bekal dan menggali potensi mereka masing-masing serta dalam rangka mengakrabkan mahasiswa PGSD Kampus II FIP UNY.
Untuk tahun ini kegiatan PDM PLM dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 23 – 24 september 2017 yang bertempat di Bumi Perkemahan Jaka Garong beralamat di Garongan Wonokerto, Turi, Wono Kerto, Sleman, Kabupaten Sleman.
Pada tanggal 23 September 2017 acara di mulai dengan kumpul bersama di Kampus Mandala pukul 07.00 WIB yang dilanjutkan berangkat bersama menuju tempat PDM PLM menggunakan Bus. Dalam perjalan mahasiswa baru bernyanyi bersama dengan kakak-kakak panitia dengan asiknya untuk menikmati perjalanan. Sesampainya di tempat, mahasiswa baru atau maba di arahkan untuk menata barang bawaan di tempat yang sudah di sediakan. Kemudian rangkaian acara dimulai dengan acara PLM dari pembukaan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sodara Ginanjar Ghoiru Mamnun mantan Ketua Hima di jurusan PGSD periode 2014/2015 dan Dosen Pembimbing Ibu Haryani, S.Pd, M.Pd tentang  materi kemahasiswaan dan leadership untuk meningkatkan jiwa kepemimpin Mahasaiswa Baru Partisipasi dari mahasiswa baru sangat aktif pada kegitan ini, mereka sangat tertarik dengan semua materi yang disampaikan. 
Pada kesempatan ini juga di lakukan pembagian kelompok untuk melakukan acara diskusi tentang materi yang sudah di siapkan panitia PDM PLM. Setelah acara PLM selesai, mahasiswa baru di bantu dengan pemandu dan panitia bersama membangun tenda secara gotong royong agar pekerjaan menjadi lebih mudah.Setelah waktu mulai sore kegiatan berlanjut dengan acara PDM yaitu Sarasehan yang di ikuti oleh semua mahasiswa baru dan beberapa dosen PGSD yang datang. Dalam acara ini, mahasiswa baru sharing-sharing  bersama para dosen sekaligus mendekatkan diri dan saling mengakrabkan diri. Ketika hari sudah mulai menunjukkan waktunya shalat Maghrib, panitia bersama mahasiswa baru melaksanakan shalat maghrib berjamaah yang dilanjutkan makan bersama serta shalat Isya berjamaah. Acara di lanjutkan dengan api unggun yang dihadiri tamu-tamu undangan dari DPO, perwakilan Ormawa serta Alumni. Kebersamaan ini berlanjut dengan pementasan bakat-bakat mahasiswa baru yang sangat kreatif dalam mengemas penampilan sehingga sangat berkesan dan menarik sesuai gugus yang sudah di bagi. Mereka menampilkan bakatnya dengan totalitas dan penuh kebermaknaan sehingga mampu membawa penonton ikut serta dalam cerita pementasan. Satu persatu kelompok maju menampilkan penampilan yang memecah suasana malam yang sunyi dan membuat cuaca dingin setelah hujan menjadi hangat dengan canda tawa kebersamaan. Setelah semua acara pada malam itu terlaksanan, mahasiswa baru di persilahkan untuk beristirahat agar stamina mereka kembali untuk melaksanakan kegiatan esok hari.
Keesokan harinya, agenda acara di mulai dengan senam bersama. Senam di pandu oleh salah satu Panitia PDM PLM yaitu sodara Agung Hermawan. Di aluni lagu dangdut, sodara Agung menampilkan kebolehannya dalam memandu senam. Kegitannya sangat mengasikkan, mahasiswa aktif mengikuti semua rangkaian senam yang dipimpin salah satu panitia. Ada pula yang request lagu kepada panitia untuk memeriahkan suasana pagi hari yang dingin. 
Setelah kegiatan senam bersama dilanjutkan dengan outbound. Disini kembali mahasiswa baru di bagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti serangkaian acara outbound. Semua mahasiswa mengikuti outbound dengan antusias. Meskipun saat itu hujan kadang-kadang turun saat kegiatan berjalan namun kegiatan outbound di penuhi dengan canda tawa seperti saat mahasiswa baru mengikuti atau melalui semua rintangan yang disediakan oleh panitia dengan saling bekerja sama. Setelah acara outbond selesai, mahasiswa baru di persilahkan untuk mandi lalu acara di akhiri dengan shalat Dzuhur dan makan bersama. Sembari makan bersama, panitia memutarkan video selama acara PDM PLM yang sudah di buat serta pengumuman dan pemberian hadiah kepada gugus ter, juara mading dan Queen & King PDM PLM.
Hampir dua hari penuh mahasiswa baru diberikan materi tentang kemahasiswaan dan leadership serta kegiatan-kegiatan lain seperti makan malam bersama api unggun, pentas seni dan outbond. Banyak hal yang dapat di ambil oleh mahasiswa baru selain ilmu yang bermanfaat seperti rasa untuk selalu bersyukur, membentuk nilai-nilai kebersamaan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya dan masih banyak lagi.
Serangkaian acara PDM PLM pun telah terlaksana. Mahasiswa baru kembali ke kampus mandala tercinta yaitu Kampus II FIP UNY dengan riang gembira. (BS)

0 Komentar