Makrab HIMA PGSD Kampus 2 Tahun 2012: Makrab Datang, Kami Senang


Makrab HIMA PGSD Kampus 2 Tahun 2012: Makrab Datang, Kami Senang

     Sabtu dan Minggu, 6-7 Oktober 2012, 125 mahasiswa baru PGSD Kampus 2 mengikuti kegiatan Malam Keakraban (Makrab) di Desa Wisata Nusantara Jelok, Beji, Patuk, Gunungkidul. Mereka terbagi dalam 14 gugus. Salah satu tujuan dari kegiatan yang mengusung tema “Menjalin Keakraban dengan Semangat Kebersamaan” ini adalah mengakrabkan antarmaba.
     Kegiatan dimulai dengan pengecekan sekaligus pengumpulan penugasan di halaman depan Ruang Musik. Penugasan yang dimaksud antara lain kayu bakar 4 batang, korek gas, lilin 2 batang, kado silang dengan harga minimal Rp5.000,00 non makanan, surat cinta untuk panitia dibungkus amplop warna gugus dan disertai coklat dengan harga minimal Rp1.000,00, serta susunan beserta tanda tangan pengurus HIMA.

     Selanjutnya, semua peserta mengikuti acara pembukaan di Aula. Makrab dibuka oleh Bapak Agung Hastomo, M.Pd selaku pendamping mahasiswa pada pukul 14.30 WIB. Arief Setiadi selaku Ketua Panitia dan Bapak Agung Hastomo menyampaikan sambutannya. Selesainya pembukaan, semua peserta dan panitia sholat Asar untuk kemudian berangkat menuju lokasi dengan bus.
      Satu setengah jam kemudian, rombongan makrab sampai di Desa Wisata Nusantara Jelok, Beji, Patuk, Gunungkidul. Setelah beristirahat sejenak, semua peserta dan panitia makan bersama. Lalu, setiap gugus melalui pemandu masing-masing menuju ke homestay  untuk istirahat, sholat, dan mempersiapkan kegiatan selanjutnya.
     Pukul 19.30 WIB peserta mengikuti acara sarasehan di pendopo yang dilanjutkan dengan pensi. Hadir dalam acara sarasehan Bapak Wakil Dekan 3, Suwarjo, M.Si beserta rombongan, DPO, dan Alumni HIMA PGSD Kampus 2. Ketika pensi berlangsung, hadir pula teman-teman pusat, seperti dari BEM, DPM, HIMA PLS, dan BK. Kehadiran mereka menambah keramaian dan keakraban malam itu. Apalagi pensi yang terdiri dari menari, menyanyi, dan drama dibawakan peserta dalam suasana kegembiraan. Selesainya pensi menjadi waktu istirahat bagi peserta.
     Sekitar pukul 02.00 dini hari semua peserta dibangunkan untuk mengikuti kegiatan malam yang berlangsung hingga pukul 04.30 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan ishoma, termasuk melakukan persiapan untuk senam bersama.

     Selesainya senam, peserta mengikuti outbond. Outbond dipandu oleh pemandu dari Desa Wisata yang berjumlah 2 orang. Selama outbond berlangsung, peserta berkompetisi secara berkelompok dengan penuh canda tawa dalam permainan tugu pancoran, caterpillar, dan jahit manusia.  Kegiatan penutup outbond adalah rapling.



     Peserta melanjutkan kegiatan dengan ishoma untuk kemudian kembali ke Kampus 2 PGSD. Di kampus, masih ada kegiatan penutup. Kelelahan yang terpancar dari setiap peserta dan panitia hilang sejenak ketika pengumuman Makrab Awards dan kesan pesan sebelum kegiatan ditutup. Muncullah nama-nama gugus terbaik, terfavorit, dan tergokil. Masing-masing diraih oleh gugus Kecak, Serampang Dua Belas, dan Tor-Tor. Selain itu, ada pula Mr dan Mrs Makrab 2012 yang masing-masing berhasil disandang oleh Eko (1B) dari gugus Tor Tor dan Ari (IA) dari gugus Topeng. Sementara itu, ada beberapa kesan dari peserta, seperti makrab menyenangkan, seru, tetapi pensi masih kurang menarik dan manajemen waktu kurang. Pesannya semoga tahun depan lebih baik lagi. Maka selesailah rangkaian kegiatan Makrab PGSD Kampus 2 Tahun 2012.
Sampai jumpa di makrab selanjutnya :)
(Lutfi Ngalawiyah PGSD 2010)
     
    
    
    
    
         

0 Komentar