WAYAHE OBAH #2 ONLINE

WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN PGSD KAMPUS 2 FIP UNY

Tahun 2020 bisa dikatakan tahun daring karena serba-serbi kegiatan banyak yang dilaksanakan secara online akibat pandemi yang menuntut untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tapi, bukan berarti kita tidak dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang sudah terprogram lho... Kita tetap mengadakannya, namun dengan rancangan yang berbeda. Seperti apa? Mari simak artikel tentang program kerja PSDE HIMA PGSD Kampus II FIP UNY tahun 2020. Salah satu program kerja unggulan dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Ekonomi (PSDE) HIMA PGSD Kampus II FIP UNY tahun 2020 yaitu Workshop Kewirausahaan “Wayahe Obah”. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini kami menyelenggarakan diskusi kewirausahaan secara online. Sedangkan tahun sebelumnya kami selenggarakan secara tatap muka atau langsung. Diskusi Online Kewirausahaan telah dilaksanakan pada Sabtu, 20 Juni 2020 via Whatsapp Group. Tema pada diskusi kali ini yaitu Sukses Berwirausaha walaupun #Dirumahaja. Pembicara pada diskusi ini dibersamai oleh saudara Wisnu Prawijaya yang merupakan Founder Invade Apparel and Merchandise, Co Founder Wonderland Media, serta Wakil Direktur Bidang Kurikulum dalam Ajisaka Training Center. Diskusi online ini membahas mengenai UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).  Diskusi ini bersifat umum. Peserta berasal dari mahasiswa UNY dan juga ada mahasiswa yang berasal dari luar UNY serta umum.  Jumlah peserta dalam diskusi online ini sebanyak 95 peserta. Sub materi yang disampaikan oleh pembicara adalah: pondasi bisnis, Hukum Dasar Suplay and demand dan formula bisnis. Pada diskusi ini terdapat 2 sesi yaitu, sesi pertama yaitu penyampaian materi yang dilakukan melalui voice note dan power point dan sesi kedua sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab terdapat 2 termin dengan total pertanyaan ada 5. Berikut ini Kesimpulan dari materi yang terdiri atas tiga pokok bahasan yang telah diberikan:

a.       Pondasi Bisnis

        Puncak dalam bisnis adalah Spiritual. Bisnis sebagai jalan untuk beribadah kepada Allah. Bisnis ditujukan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Langkah awal menjadi pebisnis yang paling utama dan harus segera dimulai yaitu membangun pondasi bisnis yang akan dijalani serta menentukan mengapa melakukan bisnis tersebut. Berbisnis itu adalah jalan bukan tujuan. Jadi seberat apapun cobaan yang nanti dihadapi akan membuat kita semakin kokoh untuk menuju tujuan tersebut.

b.      Hukum dasar Supply vs Demand

    Prinsip dasar yang perlu diketahui sebagai pebisnis yaitu hukum dasar Supply (ada barang) dan Demand (ada permintaan). Jadi dalam hukum ini tidak boleh idealis, maksudnya tidak melulu harus mengikuti keinginan kita tetapi terlebih dahulu harus menyamakan frekuensi dengan pasaran yang ada. Hukum dasarnya disini dibagi menjadi 3 ada:

1.    Supply < Demand. Disini banyak yang membutuhkan tetapi sedikit yang mau membeli.

2. Supply = Demand. Kondisi disini stabil, Harganya normal, dan Mencapai titik keseimbangan.

3.  Supply > Demand. Konsumen bisa menolak produk kita. Barangnya banyak tetapi sedikit permintaan. Akan terjadi banting bantingan harga.

Oleh karena itu sebelum mulai berbisnis, harus melihat bagaimana kondisi pasar dan seberapa banyak pesaing atau malah sedikit pesaingnya.

c.       Formula Bisnis

Ada 3 formula dasar dalam bisnis yaitu Pasar, Produk, dan Distribusi.

       Dengan adanya diskusi online kewirausahaan ini, peserta diharapkan dapat  memperoleh wawasan baru mengenai bisnis. Peserta juga diharapkan dapat mengimplikasikan trik yang sudah diberikan oleh Pembicara mengenai langkah tepat yang diambil bagi seseorang yang akan memulai bisnis. 


0 Komentar