Tumbuhkan Budaya Kritis Mahasiswa lewat Kegiatan Diskusi

Pada tanggal 15 Maret 2016 diadakan diskusi di aula kampus II FIP UNY dengan peserta mahasiswa kampus II FIP UNY. Diskusi mengenai kewirausahaan dan dengan tema “Menumbuhkan Semangat Generasi Muda Berjiwa Wirausaha Guna Menyongsong Masa Depan Gemilang” menarik banyak minat mahasiswa dan peserta yang mengikuti diskusi ada sekitar 50 mahasiswa kampus II FIP UNY.

Diskusi yang dilaksanakan HIMA PGSD Kampus II FIP UNY ini merupakan diskusi perdana yang digelar di Kampus II setelah beberapa tahun tidak diselenggarakan. Dengan adanya diskusi ini, diharapkan dapat menjadi wadah mahasiswa untuk menyalurkan pendapat dan dapat semakin kritis dalam menanggapi isu-isu dan informasi-informasi yang penting untuk diketahui mahasiswa sebagai bekal masa depan.

Dengan mengundang pembicara saudara Bisma Putra Aprilianta yang telah malang melintang di dunia kewirusahaan dan memiliki usaha seperti Semesta Café, diskusi tersebut berjalan dengan lancar dan seru. 

Para peserta mendengarkan penjelasan dari pembicara dan sesekali bertepuk tangan karena kesuksesan pembicara. Setelah sesi penjelasan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana beberapa pertanyaan yang diajukan berisi mengenai bagaimana mengangkat suatu produk menjadi lebih dikenal dan laku di pasaran dan omset yang didapatkan serta modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Pertanyaan yang diajukan dijawab oleh pembicara dengan baik dan menimbulkan kepuasan pada penanya sehingga memberikan kejelasan lebih lanjut tentang berwirausaha.

Setelah sesi tanya jawab, pembicara memberikan tantangan kepada peserta yaitu dengan membagi peserta menjadi lima kelompok dan meminta peserta untuk menganalisis lingkungan sekitar dan menentukan produk atau jasa yang bisa dilakukan di lingkup kampus II FIP UNY. 

Peserta pun dengan semnagat mendiskusikan permasalahan yang diberikan pembicara. Setelah waktu yang diberikan habis,satu persatu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Banyak produk danjasa unik yang ditawarkan oleh masing-masing kelompok. Ada yang menyoroti tentang kantin, ojek mahasiswa sebagai jasa antar, delivery laundry, café 24 jam, dan banyak ide-ide cemerlang usaha lainnyamyang disampaikan oleh peserta. 

Setelah itu pembicara memberikan kesimpulan tentang kewirausahaan. Setelah itu penyerahan sertifikat oleh Ketua HIMA PGSD Kampus II FIP UNY kepada pembicara. Barulah acara diskusi tersebut ditutup dan peserta mulai meninggalkan tempat.

0 Komentar