Google Turut Rayakan Hari Pendidikan Nasional

Google menampilkan doodle-nya dengan gambar Ki Hajar Dewantara
Yogyakarta - Perusahaan Search Engine terbesar di dunia ini turut menghormati jasa besar seorang Pahlawan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara dengan menampilkan doodle gambar beliau.

Tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau sering disebut Hardiknas lewat surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959. Tanggal ini bertepatan dengan tanggal lahir sosok pahlawan nasional yang menjadi pionir pendidikan di Indonesia.

Beliau berusaha mencari hak-hak untuk rakyat Indonesia dalam memperoleh pendidikan ditengah penjajahan masa lalu, dimana saat itu berlangsung diskriminasi untuk rakyat Indonesia yang tidak bisa mengenyam pendidikan, hanya anak-anak dari orang Belanda saja yang boleh mengenyam bangku pendidikan. Sehingga berkat perjuangan beliau itulah, saat ini kita dapat mengenyam pendidikan dengan nyaman.

Sosok yang lahir di Yogyakarta ini diakui oleh Presiden Soekarno buat jadi Menteri Pendidikan, Pengajaran serta Kebudayaan yang pertama dan beliau juga terkenal dengan semboyannya, ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Jika diterjemahkan kurang lebih di depan memberi teladan, di tengah membangun kerja sama dan di belakang memberi dorongan.

"Memperingati ulang tahunnya yang ke 126, Ki Hajar Dewantara muncul di homepage Indonesia kami sebagai penghormatan terhadap perjuangannya di era kolonial agar semua orang Indonesia mendapatkan pendidikan," demikian pernyataan Google.

0 Komentar