Open House Ormawa Kampus 2 tahun 2013

Open House Ormawa Kampus 2 – 2013


Setelah beberapa waktu lalu semangat pengurus HIMA PGSD Kampus 2 ter upgrade melalui kegiatan Up Grading HIMA PGSD Kampus 2, Alhamdulillah terlaksana juga proker pertama yaitu Open House Ormawa Kampus 2 tahun 2013. Apa sih Open House (selanjutnya disebut OH) itu? Ada apa aja di OH?
Kegiatan ini berlangsung sejak Senin, 11 Maret hingga Jumat, 22 Maret 2013. Open House dari arti kata yaitu rumah terbuka? Yaa, bisa dihubungkan dengan maksud dari OH yaitu sebagai salah satu bentuk shownya Ormawa. Kegiatan yang ada di dalamnya mencakup ciri khas masing-masing bidang. Tahun 2013 ini, OH Ormawa kampus 2 terdiri dari dua rangkaian acara yaitu OH HIMA PGSD Kampus 2 dan OH KMIP Kampus 2. Acara yang dilangsungkan oleh Ormawa kampus 2 bertujuan untuk mengenalkan keberadaan Ormawa kampus 2 sebagai wahana penyaluran aspirasi mahasiswa di kampus 2. Acara-acara yang bersifat kompetisi sangat menarik antusias mahasiswa dan karyawan di kampus 2. Selain sebagai wahana untuk refreshing, acara-acara dalam OH juga makin mengeratkan interaksi antara dosen, karyawan dan mahasiswa di kampus 2.
OH diresmikan dan dibuka oleh Kepala Jurusan PPSD, Ibu Hidayati, M.Hum. melalui  Opening OH yang dilangsungkan Senin 11 Maret dimulai pukul 14.00. Dalam Opening OH menampilkan hiburan-hiburan tradisional dari komunitas kegiatan ekstrakulikuler tari dan angklung  di Kampus 2. Acara ini sekaligus sebagai launching kegiatan yang diagendakan oleh bidang PSDE yaitu Mandala Cassava Festival atau lebih dikenal Mancafest dan Pasar Tiban. Sedangkan Pasar Tiban merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pengembangan kewirausahaan mahasiswa untuk membuka stand-stand selama OH berlangsung.
Mancafest merupakan lomba antarkelas dalam mengkreasikan makanan berbahan dasar ketela. Mancafest diikuti oleh 16 kelompok dari masing-masing kelas dengan bermacam-macam kreasi kuliner ketela, seperti puding, mie, donat, kue, dll. Dari penilaian tim dewan juri dan hasil penjualan didapatkan hasil yaitu juara pertama Sate Sosis Singkong (Rizkawati, Anisykurlillah, Hendrika Widiastuti) , juara kedua Tellate (Dyah Tri Putri U, Ardyati Rahmatika, Firma Dwi Ilmiyati), dan pemenang ketiga Kroket Ketela (Mery Aditaningrum, Hertika Janiar Litri, Yuliana, Zeni Setianingrum).


Selasa 12 Maret 2013 adalah hari libur nasional perayaan Nyepi, namun tidak bagi kampus 2. Pada hari tersebut OH diramaikan dengan pertandingan futsal antar kelas. Bertempat di Bardosono Happy Futsal, kegiatan yang dimotori bidang Bakmi ini berlangsung selama satu hari full mempertandingkan 8 tim putra dan 8 tim putri serta pertandingan exhibition dosen dan karyawan kampus 2. Namanya juga pertandingan, pasti menghasilkan juara. Juara 1 tim futsal putra dimenangkan oleh kelas 11A, begitu juga tim futsal putri kelas 11A berhasil menggondhol juara 1. Juara ke-2 diraih oleh tim futsal putra dan putri dari kelas 10D. Adapun Top scorer putra diraih oleh pemain dari kelas 11A yaitu Ridik Pangestu dan top scorer putri juga diraih oleh pemain kelas 11A yaitu Riska Kumaladewi yang berhasil mencetak banyak gol.


Bidang PSDM mengusung lomba Study Media berniat meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa menuju calon guru era baru atau katanya “guraru”. Lomba Study Media (selanjutnya disebut LSM) dikategorikan dalam 3 ranah mata pelajaran di sekolah dasar mencakup bidang Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Pelaksanaan lomba tanggal 15 Maret 2013 di aula kampus 2 dengan peserta 11 tim dari ketiga bidang dengan dewan penilai yang berkompeten dari bidangnya yaitu pak Ikhlasul Ardi N,(bidang IPA), ibu Murtiningsih (bidang Bahasa Indonesia), Kak Mey (bidang Matematika). Akhirnya LSM ini menghasilkan juara pertama dari bidang studi IPA oleh tim 11B yang terdiri atas Prajana cs yang mensimulasikan pemanfaatan energi panas menjadi energi gerak, kemudian juara kedua yaitu dari bidang studi Matematika oleh tim 12B terdiri atas Muhammad Mukhlisin dkk yang memodelkan bentuk-bentuk bangun ruang dan bangun datar dalam Rumah Matematika, dan terakhir juara ketiga diraih oleh tim 12B yang terdiri atas Naning Pratiwi dkk yang mendalangi Wayang S-P-O-K.

Pada pekan kedua OH dibuka dengan Donor Darah yang digawangi bidang Humas yang juga menggandeng PMI Yogjakarta. Donor Darah dilaksanakan di Student Center UNY pada Senin 18 Maret 2013 pukul 13.00 hingga sore hari. Ternyata antusiasme mahasiswa sangat tinggi dalam Donor Darah tersebut, terbukti pendaftar tercatat sebanyak 47 orang (sebenarnya masih banyak yang ingin mendaftar tetapi karena keterbatasan waktu sehingga stand segera ditutup) dan setelah melalui medical check up terlebih dahulu didapatkan 30 kantong darah.
Selasa 19 Maret 2013 rangkaian OH dilanjutkan dengan pameran fotografi Mandala Photo Contest (MPC), salah satu proker bidang Jurnalis, di Aula Kampus 2 FIP yang dimulai pukul 14.00. Lomba fotografi bertemakan "Kreasikan Bebasmu" ini memamerkan 24 foto yang telah lolos seleksi. Dalam exhibition-nya pengunjung berhak memberikan vote yang ikut menentukan hasil kejuaraan dari penilaian dewan juri. Dari lomba ini terpilih foto favorit berjudul “the big famil-i” oleh Rafika (11i), kemudian juara pertama diraih oleh Lutfi Putri Nugraheni (12H) dengan foto tugu Jogja “the crowded place in Ngayogyakarto”, juara kedua yaitu foto dengan judul “SMOKE” oleh Candra Adhi Putra (11A), dan posisi ketiga dimenangkan oleh mahasiswa dari luar kampus 2 yaitu Gigih Endra Utama Putra dengan foto “Loud the Imagination”. Ternyata para calon guru SD juga mempunyai great taste in photography , layak untuk dikembangkan.



Adapun OH KMIP meliputi berbagai macam kegiatan yang berlangsung selama 1 minggu. Rangkaian acara OH KMIP dibuka dengan Tutorial Hijab yang dilaksanakan di aula kampus 2 pada Rabu 13 Maret 2013. Pada hari yang sama diadakan lomba Adzan dan lomba Tilawah. Lomba Adzan yang diikuti oleh perwakilan kelas dimenangkan oleh Boma (12H) dan Fandi Yusuf dari (kelas 11i). Lomba Tilawah al Qur’an berhasil dimenangkan oleh Ummu Faizah (11B) dan Boma (12H).
Hari kedua OH KMIP diisi dengan Lomba Da’i Muda yang dilangsungkan di hall kampus 2 dibersamai dewan juri mas Iqbal (kampus pusat), mas Bayu dan mbak Irma (kampus 2). Lomba Da’i Muda ini diikuti oleh perwakilan-perwakilan kelas dan dimenangkan oleh Arief Setiadi (11i) dan Agericharisma (12B). Rangkaian OH KMIP ditutup dengan Bedah Buku Enak Bener Jadi Orang Pinter yang dibersamai oleh pak Fatan Fantastik yang berlangsung di aula kampus 2 pada hari Rabu 20 Maret 2013 sore.
Dua pekan berlalu sejak pembukaan acara Open House (OH) Ormawa Kampus 2 FIP UNY tahun 2013. Tanggal 22 Maret 2013, pukul 14.00 WIB, menjadi waktu yang paling ditunggu. Karena di hari, jam dan detik itulah puncak acara Open House (OH) Ormawa kampus 2 FIP UNY akan diselenggarakan. Berbagai acara yang sangat meriah dan menghibur juga telah disiapkan, diantaranya pentas tari dan yang paling utama adalah lomba pentas drama dari mahasiswa kampus 2, mulai dari semester II, IV dan VI. Pentas drama inilah yang menjadi perhatian dari seluruh acara-acara yang telah diselenggarakan sebelumnya. Drama yang disuguhkan pun terasa sangat berwarna dan bervariasi, sesuai dengan temanya, “The Meaning of Diferrent”. Ada yang mengusung cerita yang dikemas secara komedi, ada pula yang mengusung cerita serius dengan penuh penjiwaan di setiap adegannya. Secara keseluruhan, drama yang ditampilkan setiap kelas mengusung cerita yang sangat bervariasi dengan kreativitas yang layak untuk diacungi jempol. Selain itu, totalitas setiap kelas juga layak diberi pujian. Meskipun pada beberapa cerita mengharuskan pemain bersikap dan berdandan yang bisa dibilang aneh-aneh, tetapi mereka tetap menjalankan peran yang diemban dengan sungguh-sungguh untuk menghibur para penonton dan tamu yang hadir.
Kemeriahan penutupan OH berlangsung lebih menarik dengan adanya MC yang sangat menghibur serta tata panggung, dekorasi dan musik yang memadai. Tidak lupa juga partisipasi dari UKM Sicma yang turut memeriahkan acara dengan hiburan band.
Acara penutupan OH juga menjadi acara yang membuat hati para peserta lomba berdebar. Pasalnya, di hari itu juga pemenang-pemenang lomba dalam rangka Open House Ormawa Kampus 2 akan diumumkan. Walaupun tidak semua mahasiswa menghadiri acara penutupan OH, tetapi setiap kelas mempunyai perwakilan mahasiswa yang tidak bisa dikatakan sedikit untuk menghadiri pengumuman pemenang. Sekitar pukul 16.30, diumumkanlah para pemenang lomba, mulai dari futsal, Mancafest, MPC (Mandala Photo Contest), Study Media (Studmed) dan tentunya drama. Terpilihlah pemenang pentas drama OH Kampus 2 FIP UNY tahun 2013. Juara I diraih oleh kelas 12H yang mengusung cerita tentang betapa berwarnanya hidup ini dan tidak ada suatu hal pun yang sama identik. Juara II berhasil diraih oleh kelas 12B yang mengusung cerita tentang pelestarian kebudayaan Indonesia.
Berakhirnya acara Open House Ormawa Kampus 2 FIP UNY 2013 tidak berarti berakhir pula menyurutkan semangat kebersamaan dalam diri setiap warga kampus 2. Open House adalah awal bagi warga kampus 2 untuk terus senantiasa menjalin hubungan baik dengan sesama warga kampus 2, kampus wilayah maupun kampus pusat dalam lingkup UNY, serta sebagai pengenalan wajah baru dari Ormawa kampus 2, yaitu HIMA PGSD Kampus 2 dan KMIP Kampus 2 setiap periodenya. Salam Mahasiswa!


(Agericharisma dan Eko Nurcahyanto/PGSD 2012)
TELAT POSTING HEHE ^^

0 Komentar