Up Grading HIMA PGSD Kampus 2 FIP UNY 2013


Up Grading Pengurus HIMA PGSD Kampus 2 FIP UNY 2013

Kepengurusan HIMA PGSD kampus 2 (Mandala) teleah terbentuk. Untuk mengakrabkan dan memantapkan kepengurusan HIMA yang baru ini, Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) mengadakan kegiatan UpGrading. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu-Minggu, 9-10 Februari 2013. Peserta upgrading diminta merapat di aula kampus 2 sejak pukul 14.00 dengan berbagai penugasan.

Acara pertama dilangsungkan setelah sholat Ashar yaitu sesi materi yang dibersamai oleh Isna Hidayat, Ketua BEM FIP 2013. Beliau berbagi pengalaman dengan tema “Berprestasi melalui Kendaraan Organisasi”, sebelumnya menyapa peserta UpGrading (woii semangat woii! Inget?.) “Berorganisasi diniatkan untuk beribadah dan belajar agar lebih mencintai HIMA dan amanah dalam menjalankan tugas,” kata Isna di aula kampus 2.
Selanjutnya kurang lebih pukul 17.00, pasukan upgrading yang terdiri atas kurang lebih 35 pengurus HIMA 2013 beriringan meninggalkan kampus 2 berboncengan dengan sepeda motor. Perjalanan menuju Kaliurang tidak memakan waktu lama, kurang lebih pukul 18.15 pasukan upgrading tiba di villa Sri Rahayu di Jalan Wrekso 58 Kaliurang disambut oleh DPO yang telah mendahului. (Tapi ternyata ada sepasang teman kita yang tertinggal di belakang karena bocorrr ban, mas Jana & mas Aji.)
Setelah Ishoma, rangkaian acara dilanjutkan dengan Open Mic yang dipandu ketua HIMA 2013, Arief Setiadi. Menampilkan parodi-parodi dari Hasan, Anggar, Yusron (2010), Jana (2011), Muslim (2012) hingga pukul 21.00 OpenMic yang menyegarkan suasana (walaupun kadang kriukkriuk..) disudahi.
Kemudian peserta dimintai untuk berdiri dan bergandengan tangan. Dalam remang cahaya lampu yang dimatikan, mantan Ketua HIMA 2012, Anggar Ratman memandu para peserta untuk menyampaikan motivasi bagi kepengurusan HIMA 2013. Beranjak malam, rangkaian acara dilanjutkan Nonton Film “Soe Hok Gie”, tokoh idealis yang menginspirasi lewat catatan buku hariannya. Strip demi strip film diputar hingga larut pukul 00.30 Minggu dini hari.

Keesokan harinya, peserta bersenam pagi di halaman villa dipandu 3 instruktur dari DPO yaitu Yunita, Ratna, dan Dheni. Setelah bersantap pagi, pukul 08.00, peserta yang telah dibagi menjadi 6 kelompok bersiap untuk berjalan-jalan menikmati keramahan alam di lereng gunung. Dipandu oleh Fajar Kawentar, sekjend HIMA 2012, kelompok diberangkatkan melalui 3 kloter. Setiap kelompok berjalan melewati pos-pos DPO.

Pos 1 di pengkolan jalan yang menanjak, kelompok ditugaskan untuk menuliskan visi dan Struktur kepengurusan HIMA PGSD kampus 2 2013. Perjalanan dilanjutkan menuju pos 2, pos Kembar Siam. Di pos ini, yang dijaga mas Hasan (yg paginya dikerokin), setiap kelompok dibentuk 3 pasangan yang terikat kakinya untuk dikompetisikan dalam estafet batu. Menyisir kawasan hutan, tibalah di pos 3, Save Your Honor, kelompok dipertandingkan untuk merebut pusaka kelompok lain.. Permainan pos usai, perjalanan dilanjutkan pendakian menuju pos terakhir di persimpangan jalan.
Peserta UpGrading dan DPO dikumpulkan di pos terakhir untuk menampilkan kebisaannya dalam hobi-hobi tertentu. Setelah 4 penampilan dari peserta dan pengajian kilat ustad El-Bishry, pada pukul 11.00 tett, di bawah teriknya sengatan matahari, di gerahnya udara siang di protelon lereng Merapi, rangkaian kegiatan UpGrading ditutup oleh Yusron Affandi (yang mengaku sebagai Ketua DPO, ada ga sih sebenernya??). Satu jam sesudahnya, rombongan UpGrading checkout dari villa menuju kampus, kos, dan rumah masing-masing. (Agericharisma/PGSD 2012)

0 Komentar